Semua Berawal Dari Mimpi

Sabtu, April 30, 2011

"Semua berawal dari mimpi. Dan mimpi itu tidak akan terwujud jika kita hanya duduk diam tanpa melakukan sesuatu."

Ketika saya me-review apa yang saya rencanakan dahulu pada tahun 2007, saya teringat bahwa pada tanggal 13 Nopember 2007 (10 hari setelah ulang tahun), saya membuat sebuah rencana besar untuk diri saya yang saya tuangkan disini.

Setelah itu saya masih ingat betul bahwa feedback dan komentar berdatangan via email. Ada yang menyatakan dukungannya, ada juga yang meremehkan, rame kayak nano-nano (eh permen itu masih ada ngga ya ?

Tapi ketika hari ini saya coba review kembali, bahwa apa yang saya rencakan pada akhir tahun 2007 ternyata terlampaui ! Saya summary-kan dari rencana yang saya buat di tahun 2007 kemarin yakni :

1. Memantapkan diri untuk membentuk sebuah company yang 100% DotNetNuke based.

Hasil: Ya, Anda dapat melihat pada perusahaan ini. Fokus bisnisnya 100% berbasis DotNetNuke. Tiga tahun pertama tetap eksis dan semakin jelas positioningnya baik di lokal maupun global (lihat di bagian DotNetNuke Bronze sponsor). Hasil kerja kita selama 2 tahun pertama bahkan mendapat kehormatan untuk berada disini. Client-client kita juga tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri seperti Belanda, Jerman, Australia, Perancis, bahkan Arab Saudi. Bahkan berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan seperti disini.

2. Mengoptimalkan semua potensi diri, network, dan channel yang dimiliki untuk meraih lebih banyak client.

Hasil: Ya, secara pribadi itu adalah suatu keharusan. Di tahun 2007 saya berkesempatan keliling Indonesia karena DNN, demikian juga di tahun 2008 saya berkesempatan keliling Indonesia lagi karena DNN. Saya aktif pada komunitas DotNetNuke internasional dan berkesempatan untuk masuk pada news DotNetNuke international community mengenai event ini. Setiap harinya tidak lebih dari 10-20 email dari beragam kalangan baik lokal maupun luar yang menanyakan mengenai DotNetNuke. Termasuk bahkan PBB. Saya bahkan berkesempatan untuk satu meja sebagai pembicara dengan salah satu dedengkot IT Indonesia di event ini. Demikian juga pada event ini, saya berkesempatan duduk semeja sebagai pembicara dengan para dedengkot IT Indonesia lainnya. Ini sangat luar biasa buat saya. Selama ini kita hanya nonton beliau. Hadir juga palingan sebagai peserta. Tapi saya duduk satu meja, sharing bersama pada materi yang berbeda sesuai kapasitas kemampuan masing-masing. Saya sharingkan beberapa pengetahuan DNN saya disini, yang semoga menjadi pahala dan pengetahuan untuk orang lain. Aktivitas lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu saya rangkum pada blog saya disini. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, network dan channel saya dapatkan dan menjadi resource yang sangat berharga.

3. Membentuk team yang solid yang mumpuni di DotNetNuke

Hasil: Ya. Team yang saya bentuk, semuanya mumpuni di DotNetNuke. Spesialisasi pada teknologi ini. Baik dari sisi skinning, development, hingga core. Kami telah melakukan puluhan, bahkan ratusan kali instalasi DotNetNuke. Kami juga telah membuat puluhan skin untuk client, serta custom development sesuai kebutuhan client. Saya pribadi lebih suka dengan fresh graduate karena secara pemikiran, mereka lebih mudah untuk "dibentuk". Mereka saya ajarkan penerapan teknis dan langsung to the point dengan case study bagaimana implementasi DNN di level software development.

4. Membuka bisnis hosting DotNetNuke di Indonesia

Hasil: Ya. Saat ini saya sudah menjalin kerjasama dengan salah satu ISP yang cukup besar di Indonesia. Dan saya akan menjadi satu-satunya provider hosting DotNetNuke di Indonesia. Saya akan masuk ke pangsa pasar personal, pemerintah, UKM (usaha kecil menengah), dan enterprise baik dari sisi DNN personal web hosting, DNN services, DNN for government, DNN for school, DNN for small and medium industry, dan DNN for enterprise serta co-location DNN server. Stay tune

5. Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan untuk doing research pada aplikasi web, khususnya DotNetNuke dengan membentuk DotNetNuke Inovation Center (DNN INOCENT)

Hasil: Ya. Saat ini saya telah menjalin kerjasama dengan salah satu SMK IT di Jakarta untuk ini. Mereka akan menyiapkan sebuah lab yang khusus untuk materi DotNetNuke. Dan hasilnya akan kami publikasikan untuk umum. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan di dalamnya seperti : kolaborasi antara DNN dengan Sharepoint, implementasi DNN pada lingkungan web farm, implementasi DNN pada lingkungan intranet, implementasi DNN pada skenario multi portal, implementasi DNN sebagai bisnis hostingan, optimasi DNN, dan sebagainya. Ada banyak hal yang bisa saya kerjakan.

Sungguh tidak disangka bahwa semuanya akhirnya bisa tercapai pada 6 bulan pertama. Padahal, target awalnya adalah pada akhir tahun ini. Tapi rupanya Allah SWT memberi kesempatan terlebih dahulu. Dan kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan.

Itulah sekelumit sharing pribadi saya. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk rekan-rekan lain di komunitas INDC ini. Jangan pernah menyerah, gunakan segala potensi diri pada jalan yang benar, maka jalanpun akan dibentangkan-Nya.

Intinya:
"Semua berawal dari mimpi. Dan mimpi itu tidak akan terwujud jika kita hanya duduk diam tanpa melakukan sesuatu."
sekian dari ane, mohon maaf kalo ada kata2 yg kurang berkenan . .


0 Komentar:

Posting Komentar

Followers