5 Manfaat Bersikap Baik hati

Minggu, Juli 31, 2011

Ketika kita bersikap ramah dan berbaik hati, pada dasarnya kita melakukan itu pada diri kita sendiri. Benarkah seperti itu? Berikut ini penjelasannya :

1. Kebaikan membuat kita bahagia
Ketika kita melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, kita merasa baik. Pada tingkat spiritual, banyak orang merasa bahwa ini karena merupakan hal yang benar untuk dilakukan dan dengan demikian kita memasuki sesuatu yang mendalam dan mendalam di dalam diri kita dan mengatakan, “Ini adalah aku.”
Pada tingkat biokimia, diyakini bahwa perasaan baik yang kita dapatkan adalah karena peningkatan kadar morfin dan heroin alami di otak, yang kita kenal sebagai opioid endogen. Mereka menyebabkan peningkatan kadar dopamin dalam otak.

2. Kebaikan hati membuat jantung kita lebih sehat
Kebaikan sering disertai dengan kehangatan emosional. Kehangatan emosional menghasilkan hormon oksitosin di otak dan ke seluruh tubuh. Yang menarik baru-baru ini banyak peran penting dalam sistem kardiovaskular.
Oksitosin menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut oksida nitrat di pembuluh darah, yang dilatasi (melebarkan) pembuluh darah. Hal ini mengurangi tekanan darah, dan karena itu oksitosin dikenal sebagai hormon “pelindung kardio” karena melindungi jantung (dengan menurunkan tekanan darah). Kuncinya adalah bahwa tindakan kebaikan dapat menghasilkan oksitosin, dan karena kebaikan dapat dikatakan kardio-protektif.

3. Kebaikan memperlambat penuaan
Penuaan pada tingkat biokimia adalah kombinasi dari banyak hal, tetapi dua penyebab yang mempercepat proses adalah radikal bebas dan inflamasi, yang keduanya hasil dari membuat pilihan gaya hidup yang tidak sehat.
Menurut penelitian baru-baru ini, yang dilakukan salah satu Universitas terkemuka di California (US) menunjukkan bahwa oksitosin (yang diproduksi melalui kehangatan emosional) mengurangi kadar radikal bebas dan peradangan pada sistem kardiovaskular dan dengan demikian memperlambat penuaan pada sumbernya. Kebetulan kedua pelaku (yang memberi kebaikan dan menerima kebaikan) juga memainkan peran utama dalam penyakit jantung, jadi ini juga alasan lain mengapa kebaikan adalah baik untuk jantung.
Ada juga saran dalam jurnal ilmiah dari hubungan kuat antara kasih sayang dan aktivitas dari saraf vagus. Saraf vagus, selain untuk mengatur denyut jantung, juga mengontrol tingkat peradangan dalam tubuh yang juga dikenal sebagai refleks inflamasi. Satu studi yang menggunakan meditasi Tibet kasih Buddha menemukan bahwa kebaikan dan kasih sayang itu, pada kenyataannya, mengurangi peradangan di dalam tubuh, sangat mungkin karena efek pada saraf vagus.

4. Kebaikan membuat hubungan yang lebih baik
Ini adalah salah satu poin yang paling jelas. Kita semua tahu bahwa kita menyukai orang yang menunjukkan kepada kita kebaikan. Hal ini karena kebaikan mengurangi jarak emosional antara dua orang, sehingga kita merasa lebih “terikat.” Ini adalah sesuatu yang begitu kuat dalam diri kita bahwa itu sebenarnya hal yang genetik.
Nenek moyang kita telah belajar untuk bekerja sama dengan satu sama lain. Semakin kuat ikatan emosional dalam kelompok, semakin besar kemungkinan untuk bertahan hidup, jadi “gen kebaikan” yang terukir di genom manusia. Ketika kita berbuat baik satu sama lain, kita akan merasa saling berhubungan, hubungan baru yang tak terlupakan atau yang sudah ada akan semakin kuat dan erat.

5. Kebaikan menular
Ketika kita baik, kita mengilhami orang lain untuk bersikap baik, dan itu benar-benar menciptakan efek riak yang menyebar ke luar untuk ‘teman’ dari teman-teman ke temannya – untuk tiga derajat pemisahan. Sama seperti kerikil menciptakan gelombang ketika jatuh di kolam, sehingga tindakan kebaikan menyebar, menyentuh kehidupan orang lain dan kebaikan inspirasi di mana-mana gelombang berjalan.
Berdasarkan data penelitian ilmiah resmi, melaporkan seorang pria yang tak dikenal berusia 28 tahun masuk ke klinik dan menyumbangkan ginjal. Kemudian hal ini memicu efek membayar ke depannya sebagi efek kebaikan, sehingga pasangan atau anggota keluarga lain dari penerima ginjal menyumbangkan salah satu dari mereka kepada orang lain yang membutuhkan.
“Efek domino,” seperti yang disebut dalam New England Journal of Medicine, membentang panjang dan luas dari Amerika Serikat, di mana 10 orang menerima ginjal baru sebagai konsekuensi dari donor anonim.
Itulah 5 Manfaat Bersikap Baik Hati, semoga dapat menjadi inspirasi Anda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Followers